Rabu, 06 April 2011

CARA TES TABUNG TV

Saya beberapa kali menemukan kerusakan pada tabung CRT salah satunya shortpada G2 (screen) dengan G1. Pada awalnya saya hanya uji coba (untung – untungan).
Sembuh ya bershukur Mati ya sudah. Akhirnya cara yang saya pakai ternyata berhasil.
Uji coba yang saya lakukan pada tabung CRT LG 21″ flat. Sudah berjalan satu tahun, dan sampai sekarang masih baik baik saja
clip image001 Tips ukur CRT TV
caranya sangat mudah :
-Sedot solderan soket CRT (pin G2/screen)
-Lepas kabel fokus dari soket CRT
-Nyalakan TV dan masukan kabel / tegangan fokus ke pin G2 , kira-kira satu detik saja .
-Matikan TV dan ukur (dengan skala x10K) masih ada induksi atau tidak, kalau masih ada bisa di ulangi lagi.
Atau anda juga bisa mencoba untuk memastikan kondisi CRT dengan cara:
1. Heater/filamen crt disupply tegangan kurang-lebih 4 volt(ac atau dc sama saja).
2. Ukur dengan avometer (posisi pada 1kohm):
-colok hitam avo pada G1 colok avo merah pada KR
-coloh hitam avo pada G1 colok avo merah pada KG
-colok hitam avo pada G1 colok avo merah pada KR
3. Semakin kecil nilai ohm yang ditunjuk jarum avometer, semakin bagus kondisi crt.
Anda juga bisa melihat artikel trik pada layar CRT di artkel Trik CRT.
Apa anda juga memiliki referensi CRT

5 komentar:

  1. kenapa ya bos saya punya mesin cina kondisi masih baru...tapi setelah di pasang ternyata ga nyala sama sekali...kira2 apanya ya bos apa tabungnya sudah rusak atau bagaimana...mohon penjelasanya...terima kasih...

    BalasHapus
  2. Gan aku punya tv 29" gambar suram bila screen di tambah muncul garis mendatar warna putih merk CHINA wANSINIC

    BalasHapus
  3. Bagi anda semua yang pengen berhasil dan sukses,
    disini di sediakan softwere untuk kita berbisnis tidak harus keluar uang banyak tetapi bisa mendaptkan uang yang banyak saya pun sudah membuktikannya untuk keterangan lebih lanjut silahkan klik http://www.KumpulJutawan.com/?id=pippah, semoga membantu rekan2 semua amien amien amien

    BalasHapus