Senin, 13 Juni 2011

PROTEK TV SHAP

Jumat, 25 Maret 2011

Proteksi Tv Sharp IC IX080WJ

1. Pin-pin Proteksi


2. Proteksi yang terhubung dengan pin  63.
  • Selain point-point tersebut dibawah pin ini terhubung dengan dioda sensor tegangan 5v, 8v, 25v, 33v dll bilamana ada yg koslet tv akan protek.


3. Proteksi AC detect, akan bekerja apabila power suply bermasalah, misalnya drop atau over voltage.































 4. Proteksi Vertikal pin 65 akan potek bilamana IC vertikal rusak/tidak bekerja.

Kamis, 10 Juni 2010

TV SHARP 21" type 51WF200


     TV Sharp 21" type 51WF200 Tegangan B+ drop dan berdenyut - denyut. Setelah diperiksa dengan sangat teliti agar tidak ada kesalahan diagnosa (istilah dokter) ternyata kerusakan pada IC Audio AN17810A yang terukur korslet. Setelah IC dicabut TV bisa hidup dan setelah diganti ICnya suarapun langsung muncul TV pun Kembali OK..!!

Kerusakan yang sering terjadi pada tv ini biasanya pada solderan retak untuk tegangan regulator 5V sehingga mati standby.

Kerusakan yang lain dari TV ini, Tekan power lampu led nyala merah kemudian hijau
dan kembali merah lagi. Berarti TV protect. Sambil dihidupkan cek
tegangan vertikal ada normal, outputnya juga normal tapi hanya sesaat.
Cek tegangan Video ada 185v, Cek regulator 5V semuanya ada tapi hanya
sesaat. Tegangan B+ Normal. Semua solderan sudah tidak ada yg kendor. Dan ternyata kerusakan pada R180K 1/4w dari tegangan Video 185V ke bagian proteksi.

Senin, 10 Mei 2010

Service TV Sharp


     Betapa pusingnya kepala kita ketika kita memperbaiki sebuah TV yang belum ketemu permasalahannya. Kepala rasanya ingin di jedotken ke tembok tetapi sayang cuma punya satu kepala. Misalnya saja TV Sharp UNIVERSE yg menggunakan IC TDA9381 / IX 3368. TV ini menggunakan system proteksi. Berikut adalah macam2 kerusakan TV Sharp.

  1. Tekan tombol, led berwarna hijau kemudian kembali merah/standby. Dikarenakan flyback tidak bekerja, biasanya karena Flyback rusak atau tidak bekerjanya Horizontal oscilator, ada tegangan 5V yang hilang untuk suply Hor OSC.
  2. Tekan tombol led berwarna hijau dan ada suara Flyback bekerja tapi tv tidak nyala malah lampu led kembali merah dan berkedip. Biasanya kerusakan pada data EEPROM biasanya pada setting Bahasa/ Language. Umumnya Setting semua bahasa di parameter diberi nilai 0.
  3. Tekan tombol led berwarna hijau dan sepertinya TV akan menyala tetapi tv kembali standby dan led berwarna kuning dan berkedip. Masih kerusakan pada data. LED F beri nilai 0.
  4. Tekan tombol TV hidup ada gambar kemudian kembali standby. Disebabkan ada tegangan yang awalnya normal kemudian drop dikarenakan komponen yg short atau bocor. Contohnya Dioda Zener 5v yg terhubung dengan dengan SDA dan SCL. Dan ada satu dioda zener juga di dekat flyback yg terhubung dg Heater dan tegangan 12v output inverter. 
  5. Power suply tidak bisa start / standby walau sudah ditekan power on. Disebabkan karena tidak ada tegangan power on dari IC program untuk umpan ke TR switch Power suply karena tegangan di IC program lemah / drop. Ganti Elco 16V47UF dan 6.5V100UF pada IC suply 3.3V. Masalah seperti ini juga sering terjadi karena Elco 160V220UF sudah melemah/kering.
  6. Kerusakan pada bagian Vertical seperti IC koslet atau hilang tegangan.
  7. R 33 ohm untuk tegangan 45v untuk suply IC vertikal sering panas dan terbakar disebabkan karena C1n dan R 1K8 smd bypass ke ground kendor atau putus pada kaki 1 dan 2 IC Vertical, gejala ini juga disertai dengan tidak munculnya gambar/raster.
  8. TV menyala tapi tidak ada gambar hanya ada OSD, ada jalur Video yang putus yang melewati rangkaian horizontal biasanya karena PCB hangus.
  9. Suara siaran TV Gemeresek dikarenakan system suara BG rusak. Ganti IC eeprom samakan datanya, di parameter BG diberi nilai 1.
  10. Untuk yang menggunakan IC Suara AN5891K pada parameter harus di beri nilai 1 karena bila tidak tv akan kehilangan suara. Untuk yang tidak menggunakan diberi nilai 0.
  11. Pada TV Sharp yang menggunakan Power suply STR W6753 / W6754 jarang sekali protek. Kerusakaakan sering terjadi pada STR tsb. Tanda2nya TV sedang ditonton tiba-tiba mati total kemudian ditekan lagi tombol tv hidup kembali dan tidak lama kemudian tv akan mati lagi apalagi bila ada gambar yg sangat terang. Ini terjadi karena power suply drop karena STR sudah melemah.

Skema IC Vertikal TDA8357

























Solderan kendor pada R501/C501 dan R502/C502 penyebab R505( 33 0hm) sering hangus.

Minggu, 21 Maret 2010

Macam - macam kerusakan TV Sharp

Macam - macam kerusakan pada tv sharp IC TDA9381/IX3368

1.Kerusakan data.

2.Kerusakan IC Vertical. 

3.Flyback tidak bekerja. 

4.Komponen koslet seperti IC, TR atau dioda. 

5.Program tidak bekerja bisa menyebabkan tegangan tidak mau start/keluar yg disebabkan karena tegangan program drop.

6.Pertama dihidupkan TV normal, setelah beberapa menit (5 atau 10 menit) tv kembali standby. Kemudian dihidupkan kembali bisa hidup dan semakin cepat standby lagi jadi ditunggu sampai dingin baru bisa hidup kembali. Ini kerusakan pada dioda zener dan jawabannya ada pada postingan selanjutnya..

2 komentar:

  1. kalau boleh share saya punya tv sharp 29in gejala kerusakan lapu led terlihat start tapi playbek tidak bekerja.tegangan vertical tidak keluar apanya gan mohon pencerahan

    BalasHapus
  2. infonya sangat bermanfaat banget bagi ane
    Solder uap

    BalasHapus