Rabu, 26 Oktober 2011

KERUSA TV SHARP

Senin, 18 Juli 2011

TV SHARP Alexander Pro gambar putih polos tanpa OSD

               Beberapa waktu yang lalu dapat panggilan servis tv di rumahnya Mbak Yeni desa Blaran kec.Barat,Magetan.TVnya merk SHARP jenis Alexander Pro dengan type 29PXR500,adapun keluhannya ketika tv di ON kan yang tertampil di layar hanya gambar putih polos tipis tanpa OSD.
               Pengecekan awal saya lakukan pada pin IK di IC851 = TDA6107AJF nya,karena tv ini menggunakan IC tersebut untuk driver RGBnya,dan saya dapati tegangan di pin IK normal saja,kemudian beralih ke pin-pin katoda RGBnya dan alangkah terkejutnya saya karena ternyata tegangan di masing-masing katodanya pada drop semua,hanya tinggal 37V saja.
               Kemudian saya cek fisik pada IC TDA6107AJF tersebut dengan menyentuh heatsinknya,ya ampuuuuun............la kok mung anyep njejet ngene yo? ternyata si TDA6107AJFnya telah wafat dan pergantian pemain pun di lakukan dengan type yang sama dan siap untuk di test,dan akhirnya m@k BYAAAAkk......gambar pun muncul dengan sempurnanya hehehehehe...!!!
               Saya kira akan terjadi pertarungan hebat dengan tv ini tapi ternyata kemriuk juga hasilnya hehehehe..........yaaaah...!!! mungkin memang lagi bejoku hehehehe.....yo Alhamdulillah! ,Oke buat rekan-rekan semua,semoga postingan kali bisa menambah wawasan dan pengetahuan sampean semua,sampai bertemu lagi di postingan selanjutnya ya! salam SUKSES!


Senin, 22 November 2010

TV SHARP Qbeat ada suara dan OSD tapi tak ada gambar!


Sore tadi dapet panggilan service tv di desa Rejomulyo kecamatan Kartoharjo,sesampainya di TKP tv langsung saya ONkan sebentar untuk mengecek keluhannya,dan keluhan pertama adalah ketika tv di ON kan led indikator nyala merah,tekan tombol POWER di remot led indikator nyala hijau sebentar terus balik nyala merah tanpa kedip sama sekali,di tekan tombol POWER di remot sudah nggak respon lagi,hmmmm.....okelah!
Bismillahir Rohman Nirrohim......tv langsung saya bongkar,tv ini menggunakan aisy single TDA9381PS/N2/1/0747 (IX3368CEN6),aisy vertikal TDA8357J dan STR F6653,kemudian saya lakukan pengukuran tegangan di B+ nya ketika posisi led indikator nyala hijau sebentar,dan hasilnya ada tegangan 115V,ukur transistor horizontal D1877 nya juga masih oke,ukur tegangan 180V ketika led indikator nyala sebentar 0V,ukur H/T juga 0V,tegangan 40V vertikal juga 0V,naaaaaah........FBTnya nggak beres nih! lalu saya copot FBT dari mainboardnya,saya teliti di sekeliling bodynya ternyata memang mau njebrot,langsung aja kabur ke toko Barokah Elektronik ndilalah stock habis,akhirnya F0193PEN1-SA saya ganti dengan F0101KM-SA.
Setelah FBT terpasang kemudian tv saya ON kan dan m@k CRAAAAK.....tv langsung nyala,OSD sudah nongol, suara juga oke,tapi gambarnya kok nggak nongol ya? waduh cilekek iki.....
Akhirnya dapet keluhan yang kedua deh hehehehehe.....ada suara tapi nggak ada gambar! Hmmmm....akhirnya teringat kasus tv Sony yang kemarin.lamgsung saja saya ukur pin ABL FBTnya dan Masya Alloooooh.....ternyata nggak ada tegangan sama sekali alias 0V,ck...ck...ck...ck....ck...ngejar maling tegangan lagi deh hihihihihihi.........setelah berburu di dapati R609 dalam kondisi hangus,buka skemanya di ponsel dan ternyata R609 senilai 15K,langsung ganti dengan yang baru,kemudian tv saya ON kan dan gambarpun langsung nongol,Alhamdulillahir Robil Alamin........kemriuk juga ternyata hehehehehe......... Semoga bisa menjadi bahan referensi bagi rekan-rekan dan SUKSES buat sampean-sampean SEMUA!!!!

Senin, 15 Februari 2010

TV SHARP Alexander Type 21PXF200MK2 Cacat Raster

Tanggal 13 February kemarin dapet servisan tv Sharp Alexander type 21PXF200MK2 dengan kerusakan raster hanya beberapa centimeter saja di tengah-tengah layar di sertai dengan raster yang bergelombang (seperti pada gambar di atas). Karena kasus ini baru bagi saya,agak bingung juga jadinya hehehe....Awalnya saya mengira kerusakan pada aisy vertikalnya,tapi setelah pergantian tidak menunjukkan hasil apa-apa,saya reboisasi semua elco-elco,R,D,C tetep tak ada perubahan sama sekali,aduuuuuuuuuuuuh......sampai mumet 7 keliling weleh weleh weleh.Akhirnya kasus ini saya angkat ke Forume Kang Zaenal Alias Si Ndowie Katrox wakkakakakaka.......huuuuuuuuuuu.....!!!! Di sana thread saya di keroyok rame-rame sama temen-temen,yang mungkin memang sudah pernah menangani kasus seperti ini,dari masukan temen-temen semua mengarahkan saya pada defleksinya,hmmmm..... oke patut di coba nih,tv pun saya nyalakan beberapa saat,kemudian saya rasakan(pegang) kumparan defleksi bagian vertikal atas,hmmm...dingin-dingin saja,tak ada tanda-tanda overheating,kemudian ganti kumparan vertikal bagian bawah yang saya pegang,di sini ada kelainan,jika saya pegang seperti ada loncatan-loncatan listrik kecil ke jari-jari saya,beda ama kumparan vertikal bagian atas.Karena penasaran defleksi langsung saya lepas dari CRT,dan langsung saya bongkar pelan-pelan kumparan bagian bawah vertikal tersebut.WALHASIL benar ternyata kumparan defleksinya agak sedikit terbakar dan ada yang putus tapi nggak begitu parah terbakarnya,jadi masih bisa di perbaiki :D.oooooo.....pantesan nggak ketemu-temu la wong terbakarnya aja ngumpet di bagian dalemnya weleh weleh weleh.OKE buat temen -temen di Forume Ndowie terima kasih atas pengarahan dan petunjuknya,sekali lagi terima kasih terima kasih terima kasih! THUMBS UP.

Selasa, 08 Desember 2009

TV Sharp Wonder Gambar Redup

Siang tadi dapet service tv Sharp type 20W200 dengan kerusakan mati total (LED tidak menyala).setelah di lakukan pemeriksaan saya dapati fuse putus dan STR F6654 nya short,dan 2 buah resistor R725 = 560K dan R723 = 680K dalam keadaan melar nilainya.Setelah pergantian 4 komponen tersebut,tv pun saya coba nyalakan dan Mak ByAAAk….tv hidup kembali . Setelah tv hidup muncul masalah baru yaitu gambar yang di hasilkan kurang kontras (redup sekali),dan juga gambar akan goyang jika volume tv di tambah sedikit,lebar gambar pun kurang penuh sisi kanan kirinya,hmmmmm…..apanya lagi nih? Kemudian saya lakukan pemeriksaan pada semua tegangan diantaranya : - tegangan B+ yang seharusnya sekitar 115V turun menjadi 102V - tegangan 16V dari FBT turun tinggal 12V - tegangan 8V turun jadi 6,5V - dan tegangan 5V turun menjadi 4,3V Kemudian saya lakukan pemeriksaan di semua bagian output regulatornya,saya cek 1 per 1 elco dan zener diode pada bagian tersebut tidak ada satu pun yang bermasalah,kemudian pengecekan saya kembalikan lagi ke bagian regulator acmaticnya ,saya telateni lagi 1 per 1 komponen yang mencurigakan dan akhirnya saya dapati sebuah diode yang short yaitu D705 = K6 17 (tertulis di bodynya) dalam keadaan konek alias short,setelah saya ganti diode tersebut dengan yang masih normal tv pun saya coba nyalakan lagi dan Alhamdulillah gambarnya pun normal kembali,kontras gambar pun maksimal dan gambar pun tidak goyang-goyang lagi jika volume tv di tambah,dan yang pasti semua tegangan lancer terkendali hehehehehe……..SUKSES BUAT SEMUA!!!!!!!!!!

Selasa, 28 Juli 2009

Tv SHARP Alexander Mati Stanby

Tadi siang dapet lagi panggilan servis untuk memperbaiki tv di rumahnya bapak Dafid/ibu Harsini,Karang,Mangge,Barat,Magetan.Dengan merk SHARP jenis Alexander type 51DXF200 dengan keluhan bila di hidupkan tv tidak mau start sama sekali jadi hanya lampu led aja yang menyala terus menerus,tombol panel depan tv pun tak berfungsi dari remot apalagi! Nggak respon sama sekali.Akhirnya saya bongkar itu tv,langkah awal yang saya lakukan adalah seperti biasa penyolderan ulang terlebih dahulu di semua bagian setelah itu baru pengecekan tegangan,pada tegangan B+ yang seharusnya sekitar 116V terukur 150V,tegangan untuk Audio normal sekitar 20V,sedangan tegangan untuk 14V drop tinggal 7V saja,hmm....ada apa ini? Kemudian saya dapati heatsink untuk IC regulator 9V seri 090RD1 ini sangat panas sekali,juga untuk diode penyearah dan R pembatasnya juga sangat panas sekali,woow woow woow ada apa lagi ini? Awalnya saya kira IC regulator ini yang short,tetapi setelah di ganti dengan yang baru,masih tetep saja,panas dan panas,hmm...apa ya penyebabnya? Akhirnya saya telusuri semua komponen yang berhubungan dengan output dari IC regulator tersebut,akhirnya saya dapati sumber permasalahan berasal dari rangkaian Stereo/Surroundnya letaknya di pinggiran PCB utama,dengan soket dan posisi berdiri,ketika PCB mungil ini saya cabut dari soketnya,tv pun bisa hidup normal,tapi bila saya pasang kembali,langsung stanby.YESS akhirnya ketemu juga sumber errornya,yaitu IC jenis SMD dengan type MZ-01E,tapi sayang sekali di pasaran belum ada IC jenis ini,tanya SHARP SERVICE CENTRE MADIUN belum ada stock katanya,Haduh haduh haduh iki piye? ya udah akhirnya saya potong aja L3501 yang terhubung dengan VCC IC tersebut dan ku coba hidupkan tv,hmm...tv bisa hidup tanpa cacat gambar,dan suara juga normal tapi mono he he nggak apa-apalah yang penting kan keluarga Pak Dafid udah bisa menikmati tvnya kembali,OKEY sukses buat SEMUANYA!!!

Senin, 06 Juli 2009

Protek Tv SHARP Q-Vision 14S20

Alhamdulillah ya Alloh! Akhirnya kelar juga,setelah 2 hari ubek-ubek sumber permasalahan dari terproteknya tv SHARP Q-vision ini,tv ini menggunakan IC program IX3031CE dan IC IF/crhoma TB1226DN,IC vertikal LA7830 dan FBT F0101KM-SA,dimana tv ini terdapat switch untuk mengakses service mode yang letaknya di samping tuner.Pada saat posisi switch NORMAL,tv mau hidup sebentar terus mati standby terprotek,tapi begitu posisi switch pada SERVICE ON kemudian tv di nyalakan,bisa hidup terus-terusan,begitu di kembalikan ke posisi switch NORMAL,tv langsung mati standby.Semua tegangan pada tv ini normal semua,tidak ada yang error.Setelah lelah bergelut dengan permasalahan tv ini selama 2 hari,akhirnya ketemu juga biang permasalahannya,ternyata hanya sebuah transistor kecil mungil yang jadi penyebabnya yaitu Q1005 dengan seri A1015,setelah penggantian transistor tersebut tv pun bisa hidup dengan normalnya,haaaduuuuhh.........keselnya Rek......Rek!

Kamis, 19 Maret 2009

Problem Tv SHARP C-14V20MS

Siang tadi dapet panggilan service tv ke Ds.Jonggrang,sumber agung Kec.Barat Magetan,di rumahnya P.Mudjiman,memperbaiki tv SHARP type C-14V20MS dengan kerusakan tv tidak bisa bertahan lama hidup,jadi setiap 5 menit atau 15 menit pasti mati total bukan standby.Karena tv tergolong baru saya berpikir mungkin hanya kondisi solderan aja yang mulai memburuk sehingga tegangan tidak stabil,lalu saya solder ulang di bagian yang rentan panas seperti di bagian regulator,horizontal,vertical dan juga blok RGB.Kemudian saya coba tes dan berhasil(pikir saya)kemudian tv pun saya tutup dengan casing box belakang dan saya coba nyalakan lagi dan menunggu reaksinya,5 menit 10 menit terlampaui menginjak 15 menit tv MAK PET alias mati total tanpa nyala led indikatornya,coba dihidupin lagi nggak bisa,harus menunggu 1 sampai 2 menit baru bisa di hidupin lagi dan begitu seterusnya berulang-ulang.Ketika tv mati lagi saya cek panas pada TR horizontal TT2140 dan STR W6753 bukan main panasnya,di atas normal.Kemungkinan karena panas yang berlebihan inilah yang menyebabkan STR W6753 menjadi drop,akhirnya supply tegangan terhenti yang mengakibatkan tv jadi mati total,akhirnya saya ganti saja STR W6753 dengan yang baru,dan tak lupa saya tambahkan sedikit heatsink lagi pada heatsink utama untuk sempurnanya pembuangan panas yang berlebihan,karena menurut saya heatsink utama pada STR W6753 ini terlalu kecil sehingga kurang optimal membuang panas.Untuk TR TT2140 saya ganti dengan D1651 yang lebih tahan panas,juga heatsinknya saya ganti dengan yang lebih besar lagi.Setelah itu tv pun saya tes lagi dalam keadaan tertutup lengkap dengan casing belakangnya,1 jam 2 jam 3 jam 4 jam nonstop tv pun sudah tidak rewel lagi,ya moga-moga aja awet sampai seterusnya,semoga bermanfaat terima kasih dan tetap semangat

Kamis, 12 Maret 2009

Membuka HOTEL MODE pada Tv SHARP Wonder dan Universe

Hari ini kedatangan tv Sharp universe type 14W20 dengan kerusakan menu auto/manual search chanel tidak bisa di akses,juga menu CH-SETTING.Kerusakan seperti ini ditandai dengan menu CH-SETTING yang berubah warna menjadi ungu dimana normalnya hijau.Sebenarnya hal seperti ini karena fungsi HOTEL MODE pada tv dalam posisi ON/aktif sehingga secara otomatis menonaktifkan fungsi AUTO/MANUAL/CHANEL SETTING.Mungkin anda secara tidak sengaja mengkombinasikan tombol unik dengan remote control karena remote tertindih badan anda waktu ketiduran menonton tv,atau mungkin karena remote control dibuat mainan oleh balita anda.Untuk mengatasi masalah ini ikuti langkah-langkah berikut:pertama gunakan remote control dan tekan tombol MENU gulir ke FEATURE gulir lagi ke BLUE BACK posisi ON kemudian tekan dan tahan tombol -/-- selama 5 detik,kemudian masukan password 1379 kemudian tekan tombol V+ untuk menonaktifkan HOTEL MODE.Cara ini untuk tv Sharp Wonder/Universe yang sudah memiliki fitur STEREO,sedangkan untuk fitur MONO melalui langkah berikut:gunakan remote control dan tekan tombol FUNCTION berulang-ulang sampai di LANGUAGE set ke ENGLISH lalu tekan tombol -/-- dan masukkan password 1379 lalu non-aktifkan HOTEL MODE dengan menekan V+. Dengan langkah-langkah di atas, permasalahan susah mengakses AUTO/MANUAL/CHANEL SETTING pun bisa teratasi,semoga bermanfaat bagi rekan-rekan teknisi semua,tetap semangat dan sukses buat anda semua,terima kasih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar